Background

Planning Back up (Tugas 4)

* Planing Backup menggunkan SQL server dan Oracle
Backup adalah menyalin isi disk ke dalam media lain seperti: floppy disc, magnetic tape, optical disk, external hardisk, dll.
Jenis Backup ada 5, yaitu :
1 1. Full ( normal) : backup semua file yang dipilih tidak mempedulikan attibut archive bit file. Setelah file dibackup maka archive bit dari file tersebut akan dihapus sampai file tersebut dimodifikasi. Ketika archive bit diset kembali ini mengindikasikan bahwa data tersebut telah berubah dan perlu dibackup lagi.
2  2. Incremental : backup data yang mengalami perubahan sejak backup terakhir dilakukan. hanya file dengan archive bit yang akan dibackup. archive bit akan dihapus setelah dilakukan incremental backup. Tipe backup ini menghemat penggunakan pita tapi memerlukan waktu yang lama untuk merestore data karena data-data tersebar pada pita-pita yang berbeda. Selain itu, jika banyak melakukan incremental backup, maka data yang di backup semakin kecil ukurannya.
3  3.  Differential : Sama dengan tipe incremental tapi archive bit tidak dihapus setelah backup.
4  4.  Backup Cermin (Mirror Backup) : Mirror backup sama dengan full backup, tetapi data tidak di padatkan atau dimampatkan (dengan format .tar, .zip, atau yang lain) dan tidak bisa di lindungi dengan password. Dapat juga diakses dengan menggunakan tools seperti Windows Explorer. Mirror backup adalah metode backup yang paling cepat bila dibandingkan dengan metode yang lain karena menyalin data dan folder ke media tujuan tanpa melakukan pemadatan. Tapi hal itu menyebabkan media penyimpanannya harus cukup besar.
5  5.  Log backup : untuk mengkunci semua data yang sudah di full back up supaya bisa di rekoferi kapan saja

Dari jenis-jenis backup diatas, maka dapat ditentukan planning backup untuk sistem Pergudangan kami yaitu dengan backup cermin (Mirror Backup). Pemilihan mirror backup karena dapat meningkatkan perlindungan data. Selain itu,juga karena mirror backup merupakan metode yang paling cepat dibandingkan yang lain.




- Fitur Sql Server yang berhubungan dengan backup, yaitu :
Backup Compression
Backup  Compression  merupakan  fitur  peningkatan  untuk  backup  strategy.  Dengan  backup
compression ini ukuran file menjadi lebih kecil dan menambah kecepatan dalam proses backup.
Tetapi akan bermasalah pada I/O.
Log shipping
Log  shipping  adalah  proses  backup  File  Transactional  Log  dari  sebuah  server  kedalam  share folder  yang  akan  didistribusikan  ke  server  lainnya  secara  periodik  baik  dalam  detik,  menit maupun jam dengan menggunakan SQL Agent.  Dalam proses ini, database  yang di restore ke secondary server statusnya akan menjadi Stanby/Read-Only dan masih bisa di akses walaupun hanya  memiliki  akses  Read.  Log  Shipping  bisa  dikatakan  sebagai  metode  DRP  (Disaster Recovery Plan) yang terbaik, karena resiko kehilangan data sangat sedikit dan sedikit pula waktu untuk downtime.

- Fitur Oracle yang berhubungan dengan backup, yaitu :
Kompresi Backupset
oracle 10g memiliki fitur yang dapat digunakan untuk melakukan backup kompresi sehingga file
backup  yang  dihasilkan  akan  memiliki  ukuran  yang  lebih  kecil  dan  kapasitas  harddisk  dapat dihemat.
Block change tracking
untuk mempercepat proses backup secara incremental, maka oracle 10g  memperkenalkan fitur

baru yang disebut block change tracking. dengan oracle ini oracle  hanya akan mencatat blockblock  yang memperbaharui, mulai dari level 0 ke dalam sebuah file dan nantinya berdasarkan file tersebut RMAN dapat melakukan backup pada setiap block yang sudah tercatat didalamnya.

Categories: Share

Leave a Reply